Diagnosa dan Pertanyaan

Ketika mendengar diagnosa bahwa Jr mempunyai apraksia dan mendengarkan penjelasan mereka yang jelas, membuat saya merasa tidak jelas sama sekali.

Di hati dan pikiran saya bermunculan pertanyaan-pertanyaan… Apakah benar Jr mempunyai apraksia? Apa mereka tidak salah melakukan diagnosa? Apakah Jr bisa sembuh? Dapat darimana ini apraksia?

Apakah terapi wicara satu-satunya cara? Tidak mungkinkah Jr bisa bicara-bicara sendiri kalau sudah waktunya? Bagaimana model terapinya? Apakah sama dengan terapi wicara pada umumnya? Apakah mereka tahu benar cara memberikan terapi yang baik dan benar? Apakah mereka sudah mempunyai terapis buat anak apraksia? Apakah mereka juga mempunyai ‘pasien’ anak dengan apraksia dan sukses membantunya? Apakah harus survei tempat-tempat terapi yang ada? Saya dengar sebelumnya ada yang dipijat, ada yang dilaser, dan ini itu… Apakah Jr juga harus menjalaninya?

Kalau sudah mengikuti terapi, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melihat adanya perubahan/bisa tidaknya dia mengucapkan suku kata atau kata yang diajarkan? Berapa lama Jr harus diterapi? Apakah dengan terapi, berapapun lamanya, Jr bisa berbicara dengan normal ketika besar?

Apakah di Indonesia ini, atau bahkan di dunia terdapat banyak anak yang mempunyai apraksia? Siapa di Indonesia atau di dunia ini yang mempunyai apraksia dan sekarang baik-baik saja? Masih banyak lagi pertanyaan, ketidakjelasan yang ada di hati dan pikiran saya dalam perjalanan pulang.

BERDOA, jangan lupa kata saya …

Dan saya lupa juga kalau ada internet, ada google yang selama ini adalah sumber pencarian apapun.

Setelah sadar, saya cari dan cari dan cari…
Saya baca dan baca dan baca…
Berminggu-minggu saya mencari tahu…

Saya bersyukur sekali pada Tuhan bahwa sudah ada internet dan tentu saja FACEBOOK pada zaman ini. Saya tidak pernah membutuhkannya se-urgent sekarang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s