Buku ‘The Late Talker’

Sungguh bersyukur bahwa buku pertama yang saya baca setelah Jr mendapat diagnosa apraksia adalah The Late Talker. Buku ini ditulis oleh Marilyn C. Agin, M.D, seorang dokter perkembangan anak; Lisa F. Geng, seorang ibu dari seorang anak dengan apraksia; dan Malcolm J. Nicholl, seorang penulis.

image

Buku ini memperlengkapi saya dengan banyak pengetahuan dasar yang saya perlukan dalam mengenal apraksia lebih baik. Dimulai dari deskripsi tentang bagaimana kompleksnya suatu proses bicara berlangsung, bermacam-macam kelainan/gangguan wicara yang ada sehingga saya yakin bahwa yang dimiliki Jr adalah apraksia dan bukannya kelainan/gangguan wicara yang lain, suplemen yang diperlukan, sampai dengan beberapa contoh anak dengan apraksia yang menunjukkan kemajuan setelah bertahun-tahun mengikuti terapi wicara.

Di buku ini juga dijelaskan beberapa metode terapi wicara untuk anak dengan apraxia sehingga saya mengetahui bahwa Jr berada pada penanganan yang benar. Mereka juga memberikan arahan bagaimana orang tua dan anggota keluarga yang lain dapat membantu anak dengan apraksia dalam kehidupan sehari-harinya di rumah, di sekolah, dan ketika berhadapan dengan orang-orang asing di tempat umum dan sebagainya.

Sungguh melegakan ketika mengetahui bahwa ternyata ada beberapa orang yang mendahului saya dalam mengalami ini lebih dari 10 tahun yang lalu dan anak-anak mereka dapat bicara dan bersekolah dengan normal.

Seorang ahli di bidang ini memperkirakan bahwa seorang anak dengan apraksia membutuhkan terapi sekitar 2-12 tahun, tergantung dari faktor lain yang menyertai seperti autis, down syndrome atau disorder lainnya.

Dan frase yang menarik saya adalah “Although your child may not learn things quickly, as long as she is learning there is hope” – Meskipun anak Anda belajar sangat lambat, tetapi selama dia masih belajar masih ada harapan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s